Register Tempat Usaha (free)
Register Tempat Usaha (free)
Sign in
Register Barang (free)
View Asosiasi

PENDAFTAR USAHA TERBARU



Teknologi Single-sign-on (SSO) - 14 Des 2021

Teknologi Single-sign-on (sering disingkat menjadi SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen (di saat sistem operasi serta aplikasi yang digunakan oleh komputer adalah berasal dari banyak vendor, dan pengguna dimintai untuk mengisi informasi dirinya ke dalam setiap platform yang berbeda tersebut yang hendak diakses oleh pengguna). Dengan menggunakan SSO, seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang terdapat di dalam jaringan.

Selain mendatangkan manfaat,. Dari cara pandang seperti ini, beberapa pengamat memperkirakan bahwa penggunaan SSO dapat menghemat biaya untuk memelihara password yang rumit yang dapat mencapai ratusan dolar setiap pengguna tiap tahun. Tetapi, implementasi SSO dalam sebuah jaringan yang heterogen adalah rumit, sistem sso adalah sebuah sistem terpusat yang berbasis di server, tidak ada aksess lain selain sso untuk dapat mengakses sebuah jaringan terstruktur yang terintegrasi, sso adalah sebuah sistem pengamanan dan proteksi data tingkat tinggi yang dapat memberikan kenyamanan serta kepercayaan lebih kepada sebuah sistem jaringan internet.

Contoh dari sistem SSO adalah protokol Kerberos, yang telah dimasukkan ke dalam sistem operasi Windows 2000 ke atas. Protokol yang sama dapat juga digunakan di dalam keluarga sistem operasi UNIX. Novell juga telah menawarkan fungsi SSO miliknya sendiri, yang disebut sebagai Novell Single Sign On (NSSO) yang dapat digunakan dalam lingkungan Windows/NetWare. Beberapa perusahaan, seperti Entrust Technologies dan RSA Security menawarkan fungsi SSO yang berbasis kriptografi kunci publik.

Secure Assertion Markup Language (SAML). SAML bertujuan untuk menambahkan fungsi layanan direktori tradisional ke aplikasi berbasis cloud. Para perusahaan pengembang pun bisa terus menggunakan sistem berbasis LDAP yang menggunakan aplikasi web dengan dukungan SAML.


OpenID diperkenalkan oleh Open ID Foundation pada 2006. Kemudian pada Februari 2014 mereka kembali memperkenalkan Open ID generasi ketiga yang disebut Open ID Connect (OIDC). Standar ini telah dipakai oleh lebih dari satu milyar akun, yang paling terkenal adalah Google dan Facebook.

OpenID Connect (OIDC) - OpenID Connect adalah lapisan identitas yang bekerja dengan OAuth2.0 yang digunakan untuk memfasilitasi otentikasi perangkat lunak

OpenID adalah tentang otentikasi (mis. Membuktikan siapa Anda), OAuth adalah tentang otorisasi (mis. Untuk memberikan akses ke fungsionalitas / data / dll. Tanpa harus berurusan dengan otentikasi asli).

OAuth2.0 (OA2) - Protokol standar industri untuk otorisasi perangkat lunak web, desktop, seluler, dan perangkat lain

OAuth dapat digunakan di situs mitra eksternal untuk memungkinkan akses ke data yang dilindungi tanpa mereka harus mengautentikasi ulang pengguna.

Berikut beberapa keunggulan lain dari SSO.

1. Mempermudah pengaturan nama pengguna dan password.

Ketika terjadi pergantian karyawan perusahaan, SSO mengurangi beban kerja admin IT dan kemungkinan terjadinya kesalahan. Karyawan yang keluar dari perusahaan secara otomatis akan kehilangan haknya untuk melakukan login. Selain itu, pengelola layanan tidak perlu meluangkan waktu dan bandwidth lebih untuk menemukan informasi kredensial pengguna ketika terjadi lupa atau perubahan password.

2. Meningkatkan perlindungan identitas.

Dengan SSO, perusahaan bisa meningkatkan keamanan identitas karyawan dengan teknik, seperti Two-factor authentication (2FA) dan multi factor authentication (MFA).

3. Tidak takut lupa password.

Di era teknologi ini, setiap orang pasti memiliki beberapa akun sekaligus yang akan merepotkan jika tiap aplikasi meminta kredensial berbeda. Dengan adanya SSO, pengguna hanya perlu menghafal satu kredensial untuk semua aplikasi yang mereka gunakan.

4. Mempercepat proses masuk saat genting.

‍Di lingkungan kerja seperti rumah sakit, industri pertahanan, dan layanan darurat, ketika banyak orang dan departemen yang membutuhkan akses cepat tanpa batas ke aplikasi yang sama. Di situasi tersebut, mencegah eror dan gangguan malware bisa menjadi pembeda antara hidup dan mati.

5. Meringankan beban kerja admin IT.

Sedikitnya pengguna yang menelepon akibat kehilangan password bisa menyelamatkan bujet dan meningkatkan keamanan.

6. Mengurangi risiko keamanan pelanggan, vendor, dan partner.

‍Hubungan antara perusahaan seringkali berujung pada masalah keamanan yang bisa ditangani oleh SSO.